BAB I
PENDAHULUAN
A. latar
belakang
Seiring denagn perkembangan zaman , agama islam juga mangalami
perkembangan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa agama islam pada mulanya
hanya berada di daerah arab saja. Namun lama kelamaan, agama islam pun
semakin meluas dan menyebar ke seluruh
penjuru dunia, termasuk ke asia timur.
Khususnya cina dan jepang. Islam juga mengalami perkembangan yang cukup pesat
di sana. Dimana
sebelum masuk ke Negara tersebut, sebagian besar penduduknya menagnut agama
Shinto dan budha. Namun sesuai dengan perkembangannya, sebagian penduduk dari
kedua Negara tersebut menganut agama islam. Walaupun hanya bersifat minoritas
saja. Untuk mengetahui tentang perkembangan agama islam di cina dan jepang,
maka kami penulis akan mengupasnya dalam makalah ini.
B. Tujuan penulisan
- Untuk memenuhi tugas sejarah peradaban islam
- Untuk mengetahui tentang perkembangan islam du cina dan jepang
- Untuk mengetahui seberapa besar jumlah penganut agama islam di cina dan jepang
BAB II
PERKAMBANGAN ISLAM KONTEMPORER
DI ASIA
TIMUR (CINA DAN JEPANG)
A. Cina
1. Sejarah
kedatangan islam di Cina
Islam hadir di Cina sudah sangat lama sekali, tidak berapa lama
terpautnya dari masa Nabi Muhammad. Hal ini dibuktikan dengan adanya deegasi
pertama yang datang ke cina pada tahun 29 H. Syiar agama Islam banyak
disebarkan oleh para pedagang muslim Saad bin Abi Waqas, merupakan sahabat
paman nabi Muhammad SAW dari Madinah merupakan peretas awalmasuknya agama Islam
ke negeri ini semasa Dinasti Tang, tahun 616 m. Ia diberi mandate oleh Khalifah
ke – 3, Utman bin Affan untuk mengajak kaisar Cina Yung Wei masuk Islam. Untuk
menunjukkan penghormatannya, kaisar mendirikan sebuah Mesjid pertama di Cina,
yakni Mesjid Canton.Ia hijrah ke kota pelabuhan,
Guangzhou dalam sebuah misi perdagangan bersama
tiga orang sahabatnya dari Abyssinia atau yang
sekarang dikenal dengan Etiopia.
Mereka tak sulit beradaptasi dengan lingkungan budaya Cina. Meskipun
tidak mendominasi, nilai peradaban Islam memperoleh tempat yag dihargai. Ajaran
islam justru diterima Dinasti Tang karena sesuai dengan ajaran Confusius. Orang
cina menyebut agama islam sebagai yisilan jiao atau agama murni. Kota Mekah disebut
sebagai tempat kelahiran Budha Ma-hia-wu atau Rasulullah Muhammad SAW. Pada
masa Dinasti Tang, hubungan Islam dengan Cina berkembang pesat, sehingga
munculnya perkampungan muslim pertama di Cina, yang bernama Cheng Aan. Setelah
itu, ribuan muslim dari Arab, Persia, dan Asia Tengah datang menyerbu Cina yang
pada waktu itu sedang berada di puncak peradaban.
Pada tahun 133 H, terjadi pertempuran yang menentukan sejarah Islam di
Asia Tengah. Cina mengalami kekalahan yang menyedihkan dalam pertempuran
tersebut. Denga kekalahannya tersebut, kondisi Cina secara fisik menjadiporak
poranda. Disisi lain, kekalahan Cina ini secara tidak langsung membuka pintu
gerbang bagi masuknya agama islam ke Cina. Dengan kemenangan ini membuka jalan
lebar bagi ulama islam
untukmmengembangkan agama Islam di Cina. Pada tahun 138 H, Jenderal Lieu Chen melakukan
pemberontakan, kaisar memohon bantuan kepada Khalifah Al-Mansyur dari Dinasti
Abbasiyah untuk menumpas pemberontakan tersebut. Al-Mansyur mengirim 4 ribu
pasukan ke Cina Itulah mulanya tentara Turki hadir di Cina. Mereka menikahi
perenpuan Cina. Dan hal inilah yang merupakan salah satu cara Islam masuk ke Cina,
selain cara lain, yaitu melalui perdagangan. Adapun jalur perdagangannya
dikenal denga Jalur Sutera. Kemudian agama Islam berkenbang di Cina.
2. Perkembangan
agama Islam di Cina
Di Cina terdapat lebih dari 140 juta penduduk dari 10 suku bangsa yang
beagama islam. Termasuk etnis Huizu, Uygur,
Kirgiz, Tajik,
Uzbek, Tatar dan lain sebagainya. Penduduk islam tinggal merata di seluruh Cina.
Termasuk provinsi Gansu, Qinghai, wilayah otonomi Xinjiang, dan
wilayah otonomi Ningxia. Agama islam sudah tidak asing lagi bagi Negara ini. Ia
telah menjadi salah satu agama yang penting bagi di Cina.
Zaman Dinasti Yuan merupakan zaman yang penting bagi perkembangan agama
islam di Cina. Agama islam berkembang pesat dan menjadi makmur pada zaman ini.
Pada zaman ini, islam memiliki kedudukan yang penting dalam arena ekonomi dan
masyarakat. Pemerintah telah menjamin kebebasanuntuk melaksanakan shalat,
upacara ritual, serta budaya social. Sebagai perbandingan terhadap minoritas
lainnya, mereka juga diberi kebebasan untuk men jalin hubungan denga masyarakat
muslim di dunia. Perintah juga menyediakan biaya untuk memperbaiki mesjid, dan
memberi dasar keutamaan bagi umat islam.
Sekarang umat islam dan bukan islam adalah sama rata. Penduduk bekerja
sama dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan bermasyarakat. Mereka bersatu
padu dalam memberikan sumbangan bagi pembangunan Negara. Bahkan hingga saat ini
jumlah penduduk muslim di Cina mencapai 200 juta jiwa. Umat muslim di Cina juga
menghormati kepercayaan Cina, sepreti Yung Dan Yang.
Islam di Cina kental dengan kebudayaan. Kondisinya mirip dengan Indonesia.
Rumah hunian masyarakat Cina mengambil budaya setempat. Arsitektur mesji, yaitu
kubahnya dibuat model Cina.
Para ulama di Cina telah mampu
menterjemahkan Al-Quran, bahkan sampai penterjemahan teks agama yang lain juga
telah dilakukan. Seperti Hadits Arba’in An Nawawy juga mampu dilakukan.
Orang-orang yang yelah berjasa melakukannya antara lain, Syikh Wang Jing Chai dan
Yang Shi Chian.
Masyarakat Cina hidup berkelompok. Hal ini memudahkan mereka dalam
mencari makanan yang halal. Karena hanya di perkampungan muslimlah kita bisa
menemukan makanan yang halal.tampilan restoran muslim di cina mirip dengan
restoran mandarin.kita harus memperhatikan tulisan Cina, Qingzhen Cai, yamg
artnya nmasakan halal atau Qingzhen Restaurant, yang menyedikan masakan halal,
tertera di setiap restoran Cina.
B. Jepang
1. Sejarah
kedatangan dan berkembangnya islam di jepang
Islam mula-mula masuk ke jepang
pada zaman Reistorasi Meiji pada tahun 1867, yang ditandai dari
literature mengenai islam yang dikenal dari Eropa. Pada tahun 1890 terjadi
peistiwa penting yang mempertemukan jepang dan islam . peristiwa ini dikenal
dengan “Kapal Entragul”. Sebuah kapal turki singgah di jepang dalam urusan
diplomatic. Akan tetapi salam perjalanan pulangnya kapal tersebut karam. Dari
600 penumpang hanya 69 orang yang selamat. Pemerintah bersama – sama rakyat
berusaha menolong penumpang yang selamat. Dan mengadakan upacara penghormatan
bagi arwah penumpang yang meninggal. Kemudian yang selamat kembali ke turki.
Pada tahun 1891, dikirimlah utusan dari turki ke jepang dan terjalinlah
hubungan yang baik antara turki dan jepang. Hal ini sangat menguntungkan bagi
jepang dalam melawan rusia. Pada saat armada kapal rusia melintasi laut Baltik,
Turki memberitahukannya kepada jepang. Sehinnga jepang memperoleh kemenangan
dalam melawan rusia. Setelah peristiwa itu, pada tahun 1900-an untuk pertama
kalinya orang muslim jepang pergi haji ke Mekah. Sejak saat itu islam dikenal
lebih luas di jepang. Orang jepang yang pertama kali masuk islam adalah Torajiro
Yamada. Kemudian disusul oleh Mitsutaro Takaoka pada tahun 1909,yang kemudian
mengganti namanya menjadi Omar Yamaoka setelah pulang dari ibadah haji.
Kemudian Bunpachiro Ariga tahun 1946, yang kemudian berganti nama menjadi Achmad
Ariga, seorang pedagangyang mendapat pengaruh islam dalam perjlanan ke India.
Kemudian ada lagi nama Hilal Torajiro 1957. Yarullah Tanaka Ippei 1934, dan
lain-lain.
Islam di jepang berkembang pesat saat berkecamuknya Perang Dunia II.
Kemudian satu lagi pada saat terjadi krisis minyak dunia,. Islam mencapai
puncak kejayaannya di jepang pada tahun 1973. namun perkembangan islam di
jepang tidak sama halnya dengan pekembangan island pada masa dinasti abbasiyah
yang berada di timur tengah. Islam di jepang hanyalah islam yang bersifat
minoritas semata, jauh berbeda dengan islam di timur tengah. Kalau pada masa
dinasti abbasuyah,agama islam berkuasa secara penuh dikarenakan semua penduduk
menganut agama islam, lain halnya denga islam yang ada di jepang yang hanya
sebagian kecil penduduknya yang menganut agama iskam.
Setelah usainya krisis minyak dunia islam pun kembali mulai dilupakan
oleh masyarakat jepang. Setelah itu agama islam seolah-olah sulit berkemang di
Negara ini. Hal ini disebabkan oleh ketaatan masyarakat jepang pada agama Shinto dan Budha.
2. Perkembangan
agama islam di jepang pada saat ini.
Pada saat ini islam sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat di
jepang. Berdasarkan perkiraan Islamic Centre, jumlah penganut agama islam di
jepang suadah mencapai 70.000 smpai debgan 200.000 orang. Penganut islam
terbanyak adalah bersal dari luar jepang. Menurut Michael penn, dari total
keseluruhan penganut islam di jepang hanya sekitar 10 % yang merupakn berasal
dari penduduk asli jepang. Sedanmgkan 90 % merupakan penduduk pendatang dai
luar jepang. Sebagian besar pemeluk agama islam di jepang adalah para pelajar
dan para imigran dari Negara- Negara asia tenggara dan timur tengah.merkatersebar
di banyak tempat, seperti di Tokyo, Nagoya, Osaka, Kobe dan tempat-tempat
lainnya.salah satu sebab agama islam bisa berkembang di jepang adalah karena
bagusnya iklim toleransi
yang ada di
masyarakat jepang. Dan adanya jaminan kebebasan beargama oleh pemerintah
jepang. Toleransi penduduk asli terhadap agama baru sangat tinggi. Misalnya
saja : pada jamuan makan / minum selalu ditanyakan apakah ada yang berpantang
terhadap daging atau minuman yang mengandung alkohol.
Di jepang terdapat ratusan mesjid. Jumlah mesjid
terbanyak berada di daerah Tokyo.
Mesjid tertua adalah Mesjid Kobe. Mesjid terbaru sekarang dadlah mesjid gitu
yang terletak di daerah Provinsi Aichi. Dakwah-dakwah dilakukan secara terorganisir
dan rapi dan juga dilakukan secara individual kepada kelurga. Dakwah-dakwah
dilakukan secara rutin terhadap komunitas-komunitas muslim di sini. Di Negara
ini terdapat beberapa organisasi islam, dintaranya Japan Muslim Asociatin dan Japan
Islamic Congres. Negara ini pernah menyelenggarakan seminar internasional yang
diselenggarakan oleh JIC (Japan Isl;Amic Congres). Dengan adanya organisasi ini
sangat berpengaruh terhadap perkembangan agama islam di jepang. Organisasi ini
menyediakan markas kegiatan social pendidikan dan social keagamaan. Organisasi
keagamaan juga menyelenggarakan acara bersama dan juga diskusi untuk menambah
pengetahuan keislaman. Selain itu acara ini juga efektif dalam membina
persaudaraan sesama muslim. Dengan adanya organisasi keagamaan ini merupakan
salah satu upaya yang mampu men dorong
pengembangan agama islam serta mengenalkan agama islam secara lebih luas
pada masyarakat Jepang dan cosmopolitan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar