Selasa, 06 Maret 2012

Perkembangan Islam Di Asia ( Indonesia ) Periode Modern


BAB I
PENDAHULUAN

           
A.latar belakang
            Perkembangan islam pada zaman modern ,merupakan orientasi dalam kehidupan,  pada zaman ini indonesia dan malaysia cenderung berorientasi pada perdagangan pelayaran internasional.
                                                                                                                                     
            Oleh sebab itulah asia mencakup malaysia dan indonesia berada pada periode modern yang di pusat kan oleh perekonomian.

            Maka dalam kesempatan ini kami menguraikan sedikit tentang perkembangan islam di abad modern tentang asia termasuk di dalam nya indonesia dan malaysia, kajian tentang ini kita tela’ah seksama dengan mendalam,tentang bagaimana proses tersebut.

B.tujuan         
   1. untuk memenuhi tugas mata kuliah tersebut
   2. agar kita mengetahui bagaimana islam masuk ke indonesia dan malaysia
   3. agar kita mengenal, bagaimana orentasinya
   4. menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah peradaban islam
   5. mengetahui situasi dan kondisi

BAB II
PEMBAHASAN

PERKEMBANGAN ISLAM DI ASIA ( INDONESIA ) PERIODE MODERN

A .proses masuk dan berkembangnya islam di indonesia

Islam masuk ke indonesia akibat adanya perdagangan dan pelayaran. Pada saat itu, jalur perdagangan internasional timur tengah, india merupakan satu satunya jalur perdagangan asia yang sangat ramai, islam masuk ke indonesia ketika masyarakat sudah memeluk agama hindu- budha, bahkan saat hindhu buda dan kepercayaan asli bercampur saling mempengaruhi, namun yang jelas, islam datang setelah hindu budha masuk ke indonesia terlebih dahulu.

            Penyebaran pengaruh islam yang berasal dari jazirah arab ke asia dan lainnya, menimbulkan pusat agama islam yang berperan sebagai pusat pemerintahan.

            Pada abad ke 19, belanda dan inggris telah mengukuhkan imperium mereka di wilayah indonesia dan malaysia. Umat muslim di wilayah ini belum bagian kesatuan imperium, melainkan mereka terbagi dalam banyak etnik dan bahasa.

            Baru, pada akhir abad ke 19 belanda dan inggris mengantarkan pada transformasi besar besaran dalam kehidupan ekonomi. Sebagaimana di asia selatan, kenyataan bahwasanya bangsa asing telah menguasai negara tersebut.

            Beberapa kebijakan ekonomi, menimbulkan konsekwensi ekonomi. Perkembangan ekonomi baru mengantarkan pada komersialisasi perekonomian sumatra secara ekstensif. Sejumlah kota baru di didirikan untuk para pemukin baru. Didirikan sekolah belanda, di bentuk jaringn kerja, sejumlah surat kabar di terbitkan. Berbeda dengan masyarakat jawa, kapitalisme masuk kedalam lingkungan masyarakat tradisional, yaitu usaha perkebunan.

            Belanda sangat aktif dalam pendirian sekolah baru bagi bangsa indonesia, pendidikan belanda atas bangsa indonesia bermula sejak abad ke 19, ketika kalangan aristokrat indonesia belajar di rumah pemukiman belanda, setelah berabad abad kehadiaran belanda, semata mata meraup keuntungan dari india tanpa mempengaruhi struktur masyarakat, mereka mulai melancarkan transformasi indonesia modern.

            Hubungan dalam bidang sosial dan ekonomi di tandai dengan adanya interaksi sosial antara pedagang muslim yang banyak bermikim di indonesia. Adanya interaksi inilah yang akhirnya memberikan pengaruh masuknya nilai dan ajaran islam, sehingga makin banyak yang memeluk agama islam, hubungan pada bidang ini terjalin dengan pesat.

B. Peranan pedagang dan ulama dalam perkembangan islam modern

Masuknya pengaruh islam ke indonesia, tidak lepas dari peran pedagang dan ulama.ada beberapa peranan pedagang dan ulama yaitu:

1.Peranan Pedagang
                Para pedagang yang menjalin hubungan dagang dengan pedagang  indonesia tidak hanya pedagang cina,tetapi juga pedagang india,arab,persia.Disamping berdagang mereka menyebarkan agama islam di indonesia.
Penyebaran agama islam di indonesiayang dilakukan oleh para pedagang secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:
  1. Mula-mulan para pedagang berdatangan ke pusat-pusat perdangan.
  2. Kemudian mulai ada yang bertempat tinggal.
  3. Lambat laun tempat tinggal mereka berkembang menjadi perkampungan muslim.


2 .Peranan Ulama
                 
Agama islam diperkenal kan kepada bangsa indonesia mempunyai bentuk yang menunjuk kan      persamaan dengan alam pikiran,salah satu cara agar pemahaman tentang islam mudah di terima oleh masyarakat adalah melalui gambaran.dalam hal ini pondok pesantren merupakan lembaga yang penting dalam penyebaran agama islam,para santri yang telah keluar  dari pesantren akan menjadi tokoh agama dan demikian seterus nya,sehingga agama islam semakin bertambah luas.

Pada, proses awal penyebaran agama islam di berbagai wilayah indonesia,sebenarnya tidak lepas dari perjuangan para ulama yang terkenal dari wali songo,sebagai forum musyawarah para wali yang sembilan,dakwah dan penyebaran islam di berbagai wilayah khusus nya di pulau jawa di lakukan secara damai dan di sesuai kan oleh masyrakat setempat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar