Selasa, 06 Maret 2012

Perkembangan Islam Kontemporer


PERKEMBANGAN ISLAM KONTEMPORER

A.      ISLAM DI BENUA EROPA
Beasarkan kenyataan sejarah, islam memasuki  benua  Eropa melalui empat periode yaitu :
1.      Periode kekhalifahan  Islam di Spanyol  ( Andalusia ) selama lebih kurang  ± 8 abad dan pemerintahan umat Islam di beberapa pulau, diantaranya: Prancis selatan, Sicilia, dan  Italia selatan. Kekhalifahan Islam di Spanyol berakhir pada Spanyol 1492, setalah penguasa Kristen memaksa khalifah terakhir jadi  dari dinasti Bani Umayyah II, Abu Abdillah untuk menyerah . setelah itu umat Islam Spanyol dihadapkan pada tiga pilihan, yitu : masuk krtisten, keluar dari spanyol, atau di bunuh. Mereka banyak yang meninggalkan spanyol da pindah ke benua afrika, bahkan ad juga yang pindah ke benua amerika. Demikian juga pada abad XI, bangsa norman yang berada di sicilia dan italia selatan telah menaklukan pemerintahan islam di mediterania , wilayah-wilayah perancis selatan, sicilia, dan italia selatan.
2.      Adanya penyebaran tentara Mongol pada abad ke-13. Diantara penguasa mongol  yakni, dinasti khan beragama islam, kekuasannya berpusat di sungai  Volga sebelah utara laut kaspia  dan laut tengah, ia meniggalkan penduduk muslim di sekitar sungai  Volga hingga kaukasus dan krimea, yang terdiri dari orang-orang tartar. Kemudian mereka menyebar ke bebagai wilayah kekaisaraqn rusia, dan membangun koloni  di berbagai  tempat . mereka menjadi penduduk filandia dan wilayah polandia dan ukraina.
3.      Periode  ekspansi  kekhalifahan Turki Usmani sekitar abad ke-14 dan ke-15 ke wilayah Balkan dan Eropa Tengah. Akibad dari ekspansi itu sampai sekarang terdapat kaum muslim keturunan Turki di Yugoslafia, Rumania< Yunani, Bosnia Herzegovani, dan di Albania. Bahkan di Albania umat islam merupakan pendudk mayoritas.
4.      Periode kaum imigran muslim memasuki benua Eropa  setelah perang dunia ke-2 , terutama ke Negara-negara Indusri, seperti: Perancis, jerman, Inggris, Belanda, dan Belgia.

  1. Islam di Prancis
            Jumlah penduduk Islam di Prancis cukup banyak ±7%.Pada tahun 1992 terdapat sekitar 1.300 organisasi muslim yang bergerak diberbagai bidang,seperti bidang keagaman terutama dakwah seperti Jamaah At-Tabliq Wa ad Dakwah dan Foiet Pratique.Karena banyaknya organisasi muslim di Prancis maka di dirikan Federation Nationale des Musulmansde France(FNMF=federasi nasional muslim prancis),Union des organisasion islamiques de france(UDIF=Serikat organisasi islam prancis),danconceil relagieuxde islam en france(CORIF=Dewan keagamaam islam di prancis).
            CORIF diirikan pada 6 november 1989 di bawah departeman dalam negri.Beranggotakan15 orang pemuka muslin di prancis,tugasnya melakukan pengkajian mengenai masalah-masalah kaum muslim=n di prancis.
Selain organisasi islam di oprancis di tandai dengan:
·         Didirikannya mesjid-mesjid,pemukiman warga muslim,sekolah untuk warga muslim.
·         Makin banyaknya wanita pakai jilbab.
·         Mengadakan pameran-pameran buku islam.
·         Banyaknya tokoh menjual makanan-makanan halal.
            Tapi semesjak tragedy WTC islam di berbagai belahan dunia menggalami sedikit goncangan,termmasuk juga di prancis.Adanya kecurigaanterhadap kaum muslim seperti adanya larangan pemakaianjilbab pada jam pelajaran sekolah.
C.ISLAM DI INGGRIS
         Jumlah  umat islam di inggris dari tahun ke tahun terus bertambah,meskipun banyak cerita miring soal agama ini dikaitkan dengan teroris.Berdasrkan sensus penduduk 2001,islam merupakan agama terbesar ke-2yang dianut penduduk inggris.
         Pada tahun1996 di bentuk muslim council of Britain (MCB)atau asosisi muslim di inggris
Yang berperan sebagainorganisasi yang membawahi seluruh organisasi muslim di inggris.
Seperti ‘shariah caunsil’ berperan sebagai pengadilan agama untuk masalah pernikahan-perceraian dan warisan.

Beberapa bukti penting tentang keberadahan islam di inggris:
v  Sekolah islamkarimia dinottigamdan muslam collage dilondon yang didirikan olehyusup islam ,yang bernama asli cat steven
v  Perguruan tingi islam aga khandidirikan oleh siah islamiah di London dan markfield institude of Islamic studies di Leicester
v  Berdirinya berbagai mesjid di London, birmigham, britol ,Nottingham, leeds,mancester yng mengubah wajah geograpis kota-kota di inggris.

ISLAM DI AMERIKA
Islam masuk ke Amerika melalui beberapa cara atau periode:
1.      Bersamaan dengan ditemukan benua amerika olek cristopel colombus pada tahun 1942,melalui kaum muslim spanyol.
2.      Bersamaan dengan kedatangan para pekerjadari afrika pada abat 15 dan 16,hampir1/5 dari mereka beragama islm.
3.      Datangnya imigran muslim dari Negara timur-tenggah,afrika dan asia pada tahun 1875.

Perkembangan islam di amerika pada saat ini bias dikatakan seperti seperti sengsara membawa nikmat ,hal ini terjadi setelah peristiwa tragedy WTC 11 september 2001. Mula-mula masyarakat amerika sangat marah dan melampiaskan kemarahan pada warga muslim.ini terjadi karena pemberitaan media massa  yang cendrung negative.
 Tapi dengan peristiwa ini masyarakat amerika jadi tertarik menggenal islam lebih jauh. Berbagai informasi menggenai islam  di gali buku-buku, situs-situs yang ada hubungannya dengan islam laku keras.Dan banyaknya orang amerika yang jadi muallaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar