Selasa, 06 Maret 2012

Kerajaan Turki Utsmani Dan Syafawi Persia


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Setelah khalifah Abbasiyah di bagdad runtuh akibat serangan tentara Mongol, kekuatan politik islam mengalami kemunduran secara drastic, wilayah kekuasaannya tercabik-cabik dalam beberapa kerajaan kecil yang satu sama lain saling menyerang. Beberapa peninggalan budaya dan peradapan islam banyak yang hancur akibat serangan bangsa Mongol.
Keadaan politik umat Islam secara keseluruhan baru mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya tiga kerajaan besar,diantaranya Usmani di Turki mungal di India dan safawi di Persia. Kerajaan Usmani ini adalah yang pertama berdiri juga yang terbesar dan paling lama bertahan dibandingkan dua kerajaan yang lainnya, untuk mengetahui lebih jelasnya maka
dalam makalah ini akan kami terangkan lebih lanjut mengenai Turki Usmani.

B.     Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
    1. Untuk memenuhi tugas sejarah peradapan islam
    2. Agar pembaca tidak buta dengan sejarah islam
    3. Pembaca dapat mengambil hikmah dari sejarah turki usmani ini.

BAB II

PERKEMBANGAN PERADABAN ISLAM PADA PERIODE PERTENGAHAN PADA MASA KERAJAAN TURKI USMANI DAN SYAFAWI DI PERSIA



A.    Perkembangan Kerajaan Turki Usmani

Pada masa kerajaan Orkhan (1326-1359 M), kerajaan turki usmani ini dapat menaklukan Azmir (1327 M), Thawasyanli (1330 M), Iskandar (1338 M), Ankara (1354 M), dan Gallipoli (1356 M). Daerah-daerah itulah pertama kali diduduki kerajaan Turki Usmani, ketika Muradi, pengganti Orkan berkuasa (1359-1389 M). selain memantapkan keamanan dalam negri, ia melakukan perluasan daerah kebenua, Erapa.
Nama kerajaan turki usmani diambil dari Sultan Usmani Ibnu Sauji Ibnu Sulaimansyah Ipnu kia, kepala kabilah Kab di Asia Tengah (Hamka, 1975:205). Awal mula berdirinya dinasti ini banyak tertulis dalam legenda dan sejarah sebelum tahun 1300. dinasti ini berasal dari suku Qoyiq Oghus. yang mendiami daerah Mongol dan daerah utara negri Cina kurang lebih tiga abad. Kemudia dia pindah keturkistan. Persia dan Irak mereka masuk islam pada abad ke-9/10 ketika menetap di Asia Tengah.
Pada abad ke 13 M mereka mendapat serangan dan tekanan dari Mongol, akhirnya mereka melarikan diri kebarat dan mencari perlindungan diantara saudara-saudaranya, yaitu orang turki saljuk, didataran tinggi asia kecil, dibawah pimpinan Orthogul, mereka mengabdikan diri kepada sultan alaudin II yang sedang berperang melawan bizantium.karena bantuan mereka inilah Bizantium dapat di kalahkan, kemudian sultan alauddin memberi imbalan tanah di Asia kecil yang berbatasan dengan Bizantium. Sejak itu mereka terus membina wilayah barunya danmemilih kota Syukud menjadi Ibu kotanya.[1]
Erthogul meninggal dunia tahun 1289, kepemimpinan dilanjutkan oleh putranya Usman. Putra orthogul inilah yang dianggap sebagai pendiri kerajaan Usmani. Usman memerintah antara tahun 1290-1326 M. pada tahun 1300 M, bangsa Mongol kembali menyerang kerajaan Saljuk, dan dalam pertempuran tersebut sultan alaudin terbunuh. Setelah wafatnya Sultan Alaudin tersebut, usman memproklamasikan kemerdekaannya dan berkuasa penuh atas wilayahnya. Penguasa yang pertama adalah Usman yang sering disebut dengan Usman I. Setelah Usman I mengumumkan dirinya sebagai keluarga besar kerajaan Usman. Tahun 1300 setapak demi setapak wilayah kerajaan di perluas.
Dipilihnya negri iskandar sebagai pusat kerajaan. Usman mengirim surat kepada raja-raja kecil guna memberitahukan bahwa dia sekarang raja yang besar dan dia menawarkan agar raja-raja kecil tersebut memilih salah satu dari tiga perkara : Islam, membayar jazirah atau perang. Setelah menerima surat itu separuh ada yang masuk Islam dan ada juga yang mau membayar Jazirah. Mereka yang tidak mau menerima tawaran usman merasa terganggu dan meminta bantuan kepada bangsa Tartar.[2]

1.      Kemajuan-kemajuan kerajaan Turki Usmani
a.       Bidang kemiliteran dan pemerintahan
b.      Bidang ilmu pengetahuan
c.       Bidang keagamaan

2.      Kemunduran kerajaan Turki Usmani
a.       Wilayah kekuasaan yang sangat luas
b.      Heterogenitas penduduk
c.       Budaya pungli
d.      Merosotnya ekonomi

Setelah orthogul meninggal dunia tahun 1289 M, kepemimpinan dilanjutkan oleh putranya, usman. Putra orthogul inilah yang dianggap sebagai pendiri kerajaan usmani.

B.     Perkembangan Kerajaan Safawi Di Persia

Kerajaan safawi mempunyai perbedaan dari dua kerajaan besar lainnya seperti kerajaan Turki Usmani dan Mungal. Kerajaan ini menyatakan sebagai penganut syiah dan dijadikan sebagai mazhab negara. Kerajaan safawi dianggap sebagai peletak dasar pertama terbentuknya negara iran saat ini. Kerajaan safawi berasal dari sebuah gerakan tarekat yang berdiri di daerahArdabil kota Azerbaijan. Safawiyah sesuai dengan nama pendirinya.

Pada periode selanjutnya kepemimpinan gerakan safawi diserahkan pada ismail. Selama 5 tahun Ismail beserta pasukannya bermarkas di gilan untuk menyiapkan pasukan dan kekuatan. Dan dalam jangka 10 tahun wilayah kekuasaan telah meliputi seluruh Persia dan bagian timur. Dalam perperangan ismail mengalami kekalahan dan kerajaan safawi terselamatkan oleh pulangnya Sultan usmani disebabkan oleh perpecahan dikalangan militer. Kekalahan tersebut meruntuhkan kebanggaan dan kepercayaan diri Ismail. Keadaan tersebit berdampak negatif bagi kerajaan safawi.[3]
Kodisi kerajaan safawi yang memprihatinkan itu bias diatasi setelah raja safawi kelima. Abbas I (1588-1628). Langkah-langkah yang ditempuh oleh Abas I Dalam Rangka Memulihkan Kerajaan Safawi Adalah Sebagai Berikut :
a.       Berusaha menghilangkan dominasi pasukan Qizibash dengan cara membentuk pasukan baru yang berasal dari budak-budak dan tawanan perang bangsa Gorgia, Armenia, dan sircassia.
b.      Mengadakan perjanjian damai dengan turki usmani dengan jalan menyerahkan wilayah Azerbaijan, Giorgia dan disamping itu Abbas berjanji tidak akan menghina khalifah dalam khutbah jumat.




1.      Kemajuan-kemajuan kerajaan safawi
Kemajuan yang dicapai oleh kerajaan safawi tidak hanya terbatas di bidang politik tetapi juga ada kemajuan-kemajuan dibidang lainnya sebagai berikut :
a.       Bidang ekonomi
b.      Bidang ilmu pengetahuan
c.       Bidang pembangunan fisik dan seni
2.      Kemunduran dan kehancuran kerajaan safawi
Sebab-sebab kemunduran dan kehancuran kerajaan safawi adalah sebagai berikut :
1.      Adanya konflik yang berkepanjangan dengan kerajaan usmani
2.      Terjadinya dekandasi moral yang melanda sebagian pemimpin kerajaan safawi, yang juga ikut mempercepat proses kehancuran kerajaan ini.
3.      Pasukan budak-budak yang di bentuk abbas i ternyata tidak memiliki semangat perjuangan yang tinggi seperti semangat qizilbas
4.      Sering terjadinya konflik interen dalam bentuk perebutan kekuasaan dikalangan keluarga istana.

Adapun kondisi politik dan social pada kerajaan safawi adalah :
            keadaan politik pada masa safawi mulai bangkit kembali setelah Abbas naik tahta dari tahun 1587-1629 dan dia menata administrasi Negara dengan cara yang lebih baik konsi yang memprihatinkan kerajaan safawi biasa diatasi setelah raja safawi kelima.
Langkah-langkah yang ditemouh Abba I dalam rangka memulihkan kerajaan safawi adalah sebagai berikut :
a.       mengadakan pembenahan administrasi dengan cara pengaturan dan pengontrolan dari pusat.
b.      Pemindahan ibu kota ke Isfahan.
c.       Berusaha menghilangkan dominasi Qiziblash atas kerajaan safawi dengan cara membentuk pasukan baru yang anggotanya terdiri atas budak-budak yang berasal dari tawanan bangsa Georgia dan Armenia.
d.      Mengadakan perjanjian damai dengan kerajaan Turki Usmani.
e.       Berjanji tidak akan menghina tiga kalifah pada khutbah jum’at.

Reformasi politik yang dilakukan Abbas I berhasil membuat kerajaan safawi kuat kembali, setelah itu Abbas I mulai memusatkan perhatiannya merebut kembali wilayah kekuasaannya yang hilang.

           

Aliran teologi yang dipakai kerajaan safawi adalah syiah, hal ini dijadikan mazhab negara, pada perkembangan selanjutnya kerajaan Turki safawi ini merupakan dasar pembentukan Negara iran sekarang. Pada masa ini gerakan safawi diserahkan pada Ismail dan selama lima tahun Ismail dan pasukannya bermarkas di Gilan untuk menyiapkan pasukan dan kekuatan. Kemudian dalam jangka waktu sepuluh tahun wilayah kekuasaan sudah meliputi seluruh Persia dan bagian timur. Dalam peperangan ini Ismail mengalami kekakalahan dan kerajaan safawi terselamatkan oleh pulangnya Sultan Usmani disebabkan oleh perpecahan dikalangan militer.[4]
 
BABII
PENUTUP


  1. Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari penjelasan diatas adalah :
1.            Nama kerajaan turki usmani diambil dari Sultan Usmani Ibnu Sauji Ibnu Sulaimansyah Ipnu kia, kepala kabilah Kab di Asia Tengah (Hamka, 1975:205). Awal mula berdirinya dinasti ini banyak tertulis dalam legenda dan sejarah sebelum tahun 1300. dinasti ini berasal dari suku Qoyiq Oghus. yang mendiami daerah Mongol dan daerah utara negri Cina kurang lebih tiga abad. Kemudia dia pindah keturkistan. Persia dan Irak mereka masuk islam pada abad ke-9/10 ketika menetap di Asia Tengah.
2.            Turki Usmani dan Mungal. Kerajaan ini menyatakan sebagai penganut syiah dan dijadikan sebagai mazhab negara. Kerajaan safawi dianggap sebagai peletak dasar pertama terbentuknya negara iran saat ini. Kerajaan safawi berasal dari sebuah gerakan tarekat yang berdiri di daerahArdabil kota Azerbaijan. Safawiyah sesuai dengan nama pendirinya.

  1. Saran
Pemakalah menyadari bahwasannya makalah ini jauh dari kesempurnaan untuk itu penulis sangat berharap kepada pembaca agar dapat memberikan saran atau solusi demi kesempurnaan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA



Firdaus, Negara adikuasa islam, skripsi tentang kejayaan islam pada periode pertama abad VII-XII M, Padang :IAIN, 1999
Depdiknas.2006. KTSP 2006 mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial untuk SMP dan MTSN JAKARTA
Karso,dkk.1999.pelajaran sejarah untuk SMTA kelas 3 Bandung: angkasa.
HAMKA.2005.Sejarah Umat Islam. Singapura :pustaka nasional PTE LTD.



[1] Firdaus, Negara adikuasa islam, Skripsi Tentang Kejayaan Islam Pada Periode Pertama Abad Vii-Xii M, Padang :IAIN, 1999

[2] Depdiknas.2006. KTSP 2006 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Smp Dan Mtsn JAKARTA

[3] Karso,dkk.1999.Pelajaran Sejarah Untuk Smta Kelas 3 Bandung: angkasa
[4] HAMKA.2005.Sejarah Umat Islam. Singapura :pustaka nasional PTE LTD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar